News Line

Mengenal Artificial Intelligence, Teknologi canggih untuk membantu kerja manusia.


Artificial Intelligence (AI)  atau bisa juga disebut kecerdasan buatan sudah tidak asing lagi bagi telinga manusia di era sekarang. Apalagi di Indonesia sekarang sudah memasuki era revolusi 4.0 yaitu melakukan perubahan baik membuat/memproduksi, bekerja, dan lain sebagainya dengan memanfaatkan mesin sebagai tenaga penggerak dan pemrosesnya.

Namun tidak sedikit orang juga belum paham mengenai apa sih sebenarnya Artificial Intelligence itu, dan macamnya serta apa saja contohnya dalam kehidupan sehari-hari, Secara singkatnya Artificial Intelligence yakni mengacu pada kecerdasan yang dimiliki oleh manusia namun di implementasikan ke dalam sebuah mesin sehingga dapat berpikir dan bertindak layaknya manusia.

Secara detailnya menurut Leod dan Schell, Artificial Intelligence merupakan aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan unntuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya layaknya dengan manusia normal biasanya. Dengan kata lain AI adalah sistem komputer yang bisa melakukan pekerjaan yang umumnya dikerjakan oleh manusia atau kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Macam-macam Artificial Intelligence dan manfaatnya

Pada dasarnya Artificial Intelligence juga memiliki beberapa macam dan jenis dalam pengembangannya. Untuk kategori dalam AI dapat dibagi menjadi 2 yakni Weak AI (lemah) dan Strong AI (kuat). Untuk Weak AI yang biasa dikenal AI sempit merupakan sistem AI yang di kembangkan dan dirancang untuk tugas tertentu misalnya seperti asisten pribadi dalam rumah. Kemudian untuk Strong AI atau kecerdasan buatan umum yakni sistem AI yang dirancang dengan kemampuan kognitif manusia secara umum.

Dalam jenis AI, menurut Arend Hintze yang merupakan asisten profesor biologi integratif dan ilmu komputer dan teknik di Michigan State University mengkategorikan AI menjadi 4 jenis yakni,

Tipe 1 : Mesin Reaktif

Contoh dari penggunaan pada tipe 1 ini yakni Deep Blue (program catur IBM). Deep Blue memiliki cara kerja yakni mengidentifikasi bagian-bagian di papan catur lalu membuat sebuah prediksi, namun ia tidak memiliki ingatan sehingga tidak dapat menggunakan pengalaman masa lalu untuk melakukan langkah selanjutnya. Deep Blue juga dapat di sebut Weak Ai karena dirancang untuk tujuan yang sempit.

Tipe 2 : Memori Terbatas

Untuk tipe 2 ini Sistem Artificial Intelligence dapat menggunakan pengalaman masa lalu (ingatan) untuk membuat sebuah keputusan yang selanjutnya. Contohnya dalam fungsi pengambilan keputusan mobil self-driving menggunakan cara ini.

Tipe 3 : Teori Pikiran

Pada era sekarang belum ada AI yang dirancang sesuai dengan tipe ketiga ini. Namun secara istilah tipe ini seperti istilah psikologi  dimana mengacu pada pengertian bahwa orang lain memiliki keyakinan, keinginan sendiri dan niat yang mempengaruhi keputusan yang mereka buat.

Tipe 4 : Kesadaran Diri

Dalam tipe ini, sistem AI memiliki sebuah rasa diri dan kesadaran. Mesin dengan kesadaran diri akan memahami keadaan mereka saat ini dan dapat menggunakan informasi untuk menyimpulkan apa yang orang lain rasakan.

Setidaknya dalam pembuatan dan perancangan Artificial Intelligence memiliki tujuan utama yakni untuk membantu serta mempermudah kerja manusia baik untuk sekarang maupun dimasa yang akan datang. Selain itu manfaat AI juga ada banyak lagi antara lain,
a. Mengurangi Kesalahan yang dilakukan manusia.
b. Membantu Eksplorasi yang sulit.
c. Membantu pekerjaan berulang.
d. Tak Kenal Lelah.
e. Dapat dijadikan sebagai teman karena dapat membaca emosi manusia.
f. Membantu pekerjaan manusia dan pekerjaan yang berbahaya.


Contoh Artificial Intelligence di era sekarang

Untuk penerapan Artificial Intelligence di era sekarang sudah cukup banyak dan hampir ada di segala bidang baik bidang pendidikan, perbankan, ekonomi, bahkan akan masuk dalam bidang sistem tata kota yang biasa juga disebut dengan smart city.

Kemudian untuk penerapan AI antara lain yakni,

1. Siri, Asisten virtual yang dimiliki oleh perusahaan Apple dan telah ditanamkan pada perangkatnya seperti iPhone dan iPad ini dapat membantu untuk menemukan banyak informasi, mengirim pesan, melakukan panggilan, dan lain-lainnya tanpa harus mengetikan sesuatu pada perangkat dan hanya menggunakan voice/ pesan suara maka siri akan menjawab otomatis sesuai dengan apa yang user katakan.

2. Google Assistant, Layaknya Siri pada Apple, Google Assistant juga merupakan asisten virtual. Sesuai dengan namanya, asisten virtual ini dimiliki oleh perusahaan ternama yakni Google. Cara kerjanya mirip pada Siri yakni dapat melakukan pencarian informasi apapun hanya dengan menggunakan voice / suara.

3. Bixby, Tidak kalah dengan Apple, Samsung juga ternyata mempunyai asisten virtual sendiri yakni Bixby. Seperti asisten virtual lainnya, bixby juga dapat menampilkan sebuah informasi yang diperintah oleh user dengan hanya mengucapkan sebuah voice / suara. Bixby juga dapat mengenali sebuah gambar lalu dapat di telusuri lewat internet.

4. Mobil Tanpa Pengemudi, Artificial Intelligence satu ini memang baru berkembang dan belum banyak di Indonesia. Mobil tanpa pengemudi ini memang dirancang menggunakan prinsip AI dimana mobil  ini dapat bergerak sendiri hanya dengan menggunakan sensor dari dalam mobil tersebut dan tanpa di kendarai oleh sopir.

5. Robot Penyedot Debu, Untuk AI satu ini cukup bermanfaat bagi para ibu rumah tangga yang sering mengeluh lelah ketika melakukan beres-beres rumah. Robot penyedot debu ini berbeda dengan vacum cleaner yang harus di kendalikan oleh manusia agar dapat berfungsi. Robot ini bergerak otomatis mendeteksi menggunakan sensor tanpa harus dibantu manusia untuk mengendalikannya.

No comments