News Line

Alasan OS Windows Lebih Familiar


Pengertian Windows

Sistem Operasi Windows merupakan Sistem Operasi yang di luncurkan oleh Microsoft Corporation dan menggunakan GUI (Graphic User Interface). Sistem Operasi ini sebenarnya telah berevolusi dari MS-DOS yakni sebuah sistem operasi berbasis modus text dan command-line. 

Dengan fungsi Microsoft Windows ini, sistem operasi demikian terus berkontribusi dan berkembang hingga sekarang serta terdapat puluhan juta pengguna komputer ataupun laptop yang menggunakan windows sebagai OS nya. Maka dari tidak heran bahwa Windows cukup familiar hampir segala skala umur.

Sejarah Perkembangan Windows

Awal mula perkembangan Windows sendiri tergolong lebih rumit. Pertama kali penamaan OS ini di gagas oleh Rowland Hanson yang merupakan kepala bagian dari pemasaran Microsoft. Lalu untuk versi Windows sendiri apabila di jabarkan secara detail mungkin agak terlalu banyak, karena memiliki versi yang urut dan runtut serta cukup banyak

Mungkin ada penjelasan sedikit mengenai macam-macam versi Windows dari yang pertama muncul sampai yang populer saat ini.

1. Microsoft Windows 1
     Sistem Operasi Windows 1.0 pertama kali rilis pada 20 November 1985 dan resmi di perkenalkan pada 10 November 1983 yang disebut Windows Graphic Environment 1.0.

2. Microsoft Windows 2
     Windows 2 pertama diumumkan pada 9 Desember 1987 dengan keunggulan lebih dari versi yang sebelumnya. Selain itu Windows 2 juga sudah memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi secara multitasking. Dan yang terobosan yang masih terkenal sampai saat ini yakni munculnya 'Maximize' dan 'Minimize' Pada setiap aplikasi Windows.

3. Microsoft Windows 3
     Windows ini pertama kali diluncurkan pada 22 Mei 1990. Windows 3 membuat IBM-PC dan kompatibelnya, selain itu sebagai penantang serius  terhadap Apple MacOS melalui peningkatan kartu grafis atau VGA.

4. Microsoft Windows 3.1
     Windows sebenarnya hanya pembaharuan dari versi kakaknya yang dahulu. Windows ini pertama kali diluncurkan pada 6 April 1992. Versi ini juga sudah memiliki file manager.

5. Microsoft Windows 95
     Windows versi ini pertama kali dirilis pada 24 Agustus 1995, sesuai dengan taun rilisnya Microsoft menamainya Windows 95. Lalu di dalam Windows 95 juga memperkenalkan Microsoft Plus yang mencangkup beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Windows lain.

6. Microsoft Windows 98
     Seperti versi windows sebelumnya Windows 98 juga di rilis pada tau 1998 tepatnya pada 15 Mei dan mulai di publikasikan pada 25 Juni 1998. Keunggulan dan keuntungan Windows 98 mencangkup banyak driver perangkat baru.

7. Microsoft Windows 2000
     Windows versi ini pertama kali rilis pada 17 Februaru 2000 dan dikenal dengan Windows NT 4.0 sebelum akhirnya berubah nama menjadi Windows 2000.

8. Microsoft Windows Me
     Windows Me atau biasa disebut dengan Windows Millenium Edition pertama kali dirilis pada 14 September 2000. Namun sayang windows ini hanya bertahan hanya satu tahun. Keunggulannya yakni memiliki fitu restore dan Movie Maker pertama kali.

9. Microsoft Windows XP
     Versi ini pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001. Adapun jenis dari versi ini antara lain Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Media Center Edition (MCE).

10. Windows Vista
      Microsoft meluncurkan versi ini yakni pada 30 Januari 2007 yang ditujukan untuk kalangan pengguna rumahan dan kalangan bisnis. Pada versi ini terdapat aplikasi baru seperti Windows Calender, DVD Maker dan beberapa game misalnya mahjong dan chess titans.
     
11. Windows 7
     Sebenarnya Windows 7 sudah di luncurkan sejak 22 Juli 2009 namun untuk masyarakat umum baru di publikasikan pada 22 Oktober 2009. Versi ini memiliki keamanan dan fitur baru diantaranya adalah taskbar, internet explorer 8, dll.

12. Windows 8
      Pada 13 September 2011 resmi dirilis versi baru yakni Windows 8. Windows ini di luncurkan untuk komputer rumah, bisnis, server, dan bahkan PC pusat media. Metode Windows versi ini dengan mengurangi beban pemakaian RAM di dalam OS.

13. Windows 10
      Selang 2 tahun kemudian yakni pada 30 September 2014 diluncurkan Windows 10 namun untuk perilisan resminya ke masyarakat yakni pada 29 Juli 2015. Windows versi ini diluncurkan dengan fungsi dan tujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna.


Keunggulan yang dimiliki oleh Windows

Lalu apasih yang menjadikan alasan bahwa Windows lebih familiar dan penggunanya cukup banyak sampe sekarang. Untuk fungsi umumnya sih sepertinya sama dengan OS lain seperti Linux dan MacOS, namun disini akan kita bahas keunggulan Windows dari 2 pesaingnya tersebut.

1. Harga yang relatif terjangkau

Memang untuk segi harga, Windows jauh lebih unggul dari pesaingnya. Artinya dengan harga yang sama kamu dapat membeli sebuah PC/Laptop yang menggunakan OS Windows dengan spesifikasi yang hampir sama bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan MacOS.

2. Fiturnya Microsoft Office lebih lengkap

Mungkin Microsoft Office merupakan alasan kenapa para customer lebih banyak membeli dengan yang memiliki OS Windows. Hal ini dikarenakan terdapat fitur yang lebih lengkap daripada Microsoft Office yang ada pada MacOS.

3. Windows lebih mudah untuk digunakan

Banyak orang beranggapan bahwa menggunakan Windows lebih mudah ketimbang sistem operasi yang lainnya, hal itu yang membuat penjualan untuk Windows cukup berkembang pesat bahkan jarang mengalami penurunan. 

4. Fleksibilitas Hardware Windows

Pada sistem operasi Windows bagi orang yang suka mengotak-atik komputer cukup sangat membantu. Bagaimana agar komputer dapat bekerja lebih cepat, lebih stabil dari sebelumnya. Makanya Windows sangat mudah ketika dalam mengganti komponen hardware nya.

5. Support Untuk Gaming

Di era sekarang mungkin anak muda lebih banyak bermain di dalam rumah dengan komputernya ketimbang bermain di luar. Maka dari itu sistem operasi Windows sangat support untuk game, hal itu yang membuat banyak orang terutama para gamers lebih memilih membeli produk dengan sistem operasi Windows.


No comments