News Line

Definisi dan Keunggulan iOS

Apa sih definisi dari iOS

iOS merupakan sistem operasi yang berasal dari Apple. Pada mulanya iOS hanya beroperasi untuk perangkat iPhone, namun seiring berkembangnya iOS kemudian bisa mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPod, iPad dan juga Apple TV.

Apple sendiri tidak memberikan licensi iOS untuk di pasang pada perangkat keras lainnya, hal ini berbeda dengan Android yang bisa kita jumpai di segala merek perangkat keras smartphone.

Sistem iOS sendiri diturunkan dari MacOS X, maka dari itu memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix dan tidak heran apabila smartphone iOS dapat selalu terhubung dengan PC MacOS seperti data-data yang otomatis terhubung. Lalu antarmuka iOS memiliki konsep manipulasi langsung dengan gerakan multi-sentuh.

Macam-macam versi iOS

iOS memiliki banyak versi layaknya sistem operasi lainnya. Dan sampai saat iOS telah memiliki versi sampai iOS 13, lalu kabarnya pada tahun 2020 ini akan diluncurkan iOS terbaru yakni iOS 14. Mari kita bahas satu persatu generasi iOS dari awal terbentuk.

- iOS 1

Sebenarnya pada awal pembentukan versi ini tidak ada nama resmi yang di berikan ketika merilisnya Pada 6 Maret 2008 dengan merilis iPhone SDK, Apple menamainya iPhone OS atau iOS pada tanggal 7 Juni 2010.
 

- iOS 2

iPhone OS ini rilis pada 11 Juli 2008 yang berbarengan dengan rilisnya iPhone 3G. Pada versi OS ini telah diperkenalkan App Store.

- iOS 3

iOS 3 ini tersedi untuk iPhone 3GS dan dirilis pada 17 Juni 2009. Versi ini memberikan penambahan fitur seperti copy paste dan juga MMS.

-iOS 4

iOS 4 merupakan yang pertama rilis utama iOS untuk menghilangkan dukungan kepada beberapa perangkat (iPhone dan iPod lama). Versi ini dirilis pada 21 Juni 2010 dan tersedia untuk umum.

-iOS 5

Versi iOS 5 ini di luncurkan dan diperkenalkan kepada publik pada 6 Juni 2011. Sistem operasi ini di rilis untuk iPhone 3GS, iPhone 4 dan 4S, iPod, dan iPad.

- iOS 6

iOS 6 di umumkan pada 11 Juni 2012 pada saat Apple WWDC (Worldwide Developers Conference) 2012. Untuk beberapa perangkat yang terdahulu sudah tidak dapat menggunakan versi ini, maka dari itu versi ini cukup terbatas pada kala itu.

- iOS 7

Selang setahun kemudian dan pada acara yang sama yakni Apple WWDC, Apple mengumumkan versi iOS terbarunya yakni iOS 7 pada tanggal 10 Juni 2013. Selain merilis iOS 7, Apple juga mengumumkan model iPhone terbarunya yakni iPhone 5C dan iPhone 5S.

- iOS 8

iOS 8 pertama kali dirilis pada 2 Juni 2014, bebarengan dengan perilisan iOS tersebut, Apple juga meluncurkan model baru untuk iPhone nya yakni iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Perilisan ini juga dilakukan pada acara tahunan Apple yaitu Apple WWDC.

- iOS 9

Pada 8 Juni 2015 sebenarnya Apple telah mengumumkan versi iOS 9 di acara tahunannya, namun mereka mulai mengumumkan ke publik pada 16 September 2015. Bagi pengguna yang telah support iOS 8, Apple juga memberikan akses untuk mereka dapat mengupgrade ke versi iOS ini.

- iOS 10

iOS 10 resmi dirilis berbarengan dengan perilisan model iPhone terbaru dari Apple, yakni pada tanggal 13 September 2016. Sebenarnya iOS 10 sendiri telah di umumkan saat Apple WWDC pada 13 Juni 2016.

- iOS 11

Pada 5 Juni 2017, Apple resmi meluncurkan iOS 11 terbarunya. Namun mereka mempublikasikannya pada tanggal 19 September 2017. Peluncuran iOS ini juga berbarengan dengan produk mereka yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

- iOS 12

Setelah kemunculan iOS 11, Apple kemudian merilis iOS 12 pada 4 Juni 2018 pada ajang Apple WWDC. Dan seperti biasanya mereka juga merilis perangkat terbarunya yakni iPhone XR, iPhone XS, dan juga iPhone XS Max. iOS ini didukung oleh prosesor Apple A7 dan A8.

- iOS 13

Rilis utama iOS 13 ini di umumkan pada acara tahunan Apple yakni Apple WWDC pada 3 Juni 2019 dan mulai di publikasikan pada 19 September 2019. iOS 13 ini sudah mulai di rilisnya dark mode atau bisa juga di sebut dengan mode gelap.


Keunggulan dari iOS

Seperti disebutkan tadi, setiap sistem operasi pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Dan keunggulan tersebut memberikan kenyaman bagi para penggunannya. Kita ulas beberapa kunggulan iOS.

1. Lebih Mudah

Sebagian orang menganggap menggunakan iOS cukup sulit, mungkin mereka hanya belum terbiasa dengan menggunakannya. Namun beberapa orang yang telah lama menggunakan iOS merasa sangat nyaman dan menyukai UI yang di berikan oleh Apple. Dan sebenarnya untuk para pemula pun ketika menggunakan iOS ini cukup mudah karena tidak begitu berbeda dengan sistem operasi lainnya.

2. Privasi Terjaga

iOS merupakan sistem operasi yang sangat mementingkan segi keamanan. Mereka memilki sistem keamanan yang lebih terstruktur, maka dari itu setiap aplikasi maupun program yang dibuat untuk iPhone selalu melakukan pengujian yang ketat. Dan bahkan mereka menjamin bahwa App Store sudah bersih dan terbebas dari virus.

3. Memiliki desain dan UI menarik

Tampilan dan bentuk dari perangkat iOS memiliki desain yang menarik, tampilan yang memiliki penuh warna dipadukan dengan beberapa desain minimalis dan icon yang menarik. Selain tampilan dan UI, dari segi berat, iPhone juga memiliki berat yang cukup ringan.

4. Update yang tidak terbatas

Bagi para pengguna iPhone, mereka bisa merasakan kenyamanan yang diberikan oleh pihak Apple. Karena mereka dapat mengupgrade sistem operasinya menjadi versi yang terbaru. Walaupun sebenarnya terdapat persyaratan dan ketentuan khusus agar dapat melakukan pembaharuan sistem operasinya.


No comments