News Line

Apakah MacOS yang terbaik ?

Definisi MacOS

macOS (Macintosh Operating System) merupakan sistem operasi yang menjalankan setiap Mac. Anda dapat melakukan banyak hal di Mac yang todak dapat anda lakukan di komputer yang lain. Hal ini karena Mac dirancang khusus untuk perangkat keras yang menggunakannya dan sebaliknya.

MacOS bekerja sama dengan iCloud ntuk terus memperbarui foto, dokumen, dan file lain pada semua perangkat anda. MacOS juga telah dirancang sejak awal dengan mengutamakan privasi dan keamanan.

Perkembangan MacOS

Pada mulanya sistem operasi ini dinamakan OS X oleh perusahaan pengembangnya Apple Inc. Mungkin sebagai kebanyakan orang mendengar nama Apple identik dengan smartphone yang trend pada saat ini yang mengusung iOS sebagai sistem operasinya.

Apple Inc juga ikut turut andil bagian dalam meluncurkan MacOS yakni pada tahun 1986, dengan di desain oleh beberapa orang yakni Jef Raskin, Andy Hertzfeld, Bill Atkinson.

Setelah pertama rilis pada tahun 1986, MacOS terus melakukan pembaharuan, bahkan sempat berganti nama menjadi MacOS X server pada tahun 2001 yang kemudian menjadi penerus dari MacOS 8 dan MacOS 9.

Sebenarnya MacOS X server pada umumnya mirip dengan versi pendahulunya, namun dalam keperluan piranti lunak untuk keperluan manajemen di dalam komputernya jauh lebih besar.

Keunggulan dari MacOS


Setiap sistem operasi pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan, tidak terkecuali MacOS.

Kelebihan

1. Sistem Operasi ini kompatible untuk berbagai jenis kegiatan atau aplikasi, jadi tidak perlu khawatir jika membuat dokumen seperti PDF, DOC, dll karena dapat dijalankan di sistem operasi lain.

2. Penggunaan GUI pada MacOS memiliki tampilan yang lebih menarik dan elegan sehingga cukup cocok untuk keperluan desan serta multimedia.

3. Penggunaan basis UNIX yang di terapkan pada sistem operasi ini menjadikannya lebih stabil serta dalam sisi keamanan juga sangat terjamin.

4. Kemampuan dalam hal backup sistem juga sangat baik dan dapat dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu  khawatir apabila terjadi perubahan data yang terjadi nanti tidak akan tersimpan.

5. Untuk sisi kemudahan penggunaan juga cukup terjamin karena user dapat secara langsung mencoba sekaligus belajar mengenai cara penggunaanya.

Kekurangan

1. Walaupun dengan kelebihan yang cukup memuaskan dan cukup lengkap, namun MacOS masih memiliki sedikit kekurangan yakni jangkauan harga. Harga yang dibanderol untuk MacOS memang cukup tinggi, produk Apple di seluruh pasaran memang memiliki harga yang relatif tinggi.

2. Untuk para gaming sepertinya harus mengubur dalam impian untuk bermain game di MacOS, karena sebenarnya MacOS hanya di gunakan untuk keperluan desain grafis dan tidak support gaming.

3. Dan kekurangan yang menonjol yakni MacOS tidak dapat digunakan bersamaan dengan sistem operasi lain, hal ini tidak seperti sistem operasi yang lain seperti Windows.

MacOS memang besutan Apple dimana Apple sudah cukup terkenal hampir diseluruh, lalu apakah MacOS merupakan yang terbaik? tentu itu dapat terjawab namun dengan kepentingannya, apabila untuk para gamers MaOS bukanlah solusi yang tepat karena mereka tidak menyupport gaming.

Namun untuk para desainer dan di bidang multimedia mungkin MacOS merupakan solusi yang sangat tepat. Maka dari itu terbaik maupun tidak itu tergantung penggunaan si user itu sendiri.

No comments