News Line

Apa sih Android itu ?

Definisi dari Android


Sebagian besar penduduk Indonesia pasti tidak asing dengan istilah Android. Namun apakah mereka paham apa yang dimaksud dengan Android. Secara umum Android adalah sistem operasi pada suatu perangkat. Android merupakan sistem operasi yang mendapat dukungan penuh dari dari perusahaan besar dunia yaitu Google. Mungkin bisa dikatakan bahwa Android saingan dari iOS milik Apple.

Android adalah berbasis kernel Linux dan juga dapat dioperasikan pada perangkat lunak lainnya seperti Open Source dan lainnya. Android sendiri berbeda dengan iOS yang dapat di jalankan oleh beberapa perangkat, hal ini karena Google memperbolehkan licensinya untuk kerja sama terhadap beberapa perangkat yang mengadopsi Android.

Maka dari itu Android sangat banyak digunakan pada masyarakat luas saat ini. Hal itu dikarenak perangkat yang menggunakan Android dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, selain itu untuk penggunaannya Android juga mudah dan user friendly. 

Sejarah Singkat Android



Pada awalnya Andy Rubin, Chris White, dan Nick Sear sebenarnya membuat Android hanya digunakan pada perangkat kamera digital saja, namun mereka berpikir bahwa perdagangan pasar mengenai kamera digital sangatlah minim. Maka dari itu mereka memutuskan untuk digunakan pada perangkat ponsel yaitu smartphone karena pada saat itu peminat untuk smartphone sedang tinggi-tingginya.

Kemudian akhirnya pada tahun 2004, Android mulai dipasarkan namun harus berhadapan dengan para pesaingnya pada saat itu antara lain Symbian dan Windows phone. Walaupun diawal pemasarannya saat itu mereka sulit mendapatkan investor.

Hingga akhirnya, Android mendapatkan suntikan dana berkisar 10.000 dolar Amerika dari Steve Perlman. Kemudian pada bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android Inc. dengan uang sebesar 50 juta dolar. Para pendiri Android kemudian mulai bergabung dengan Google dan memimpin proyek ini.

Lalu pada tahun 2007, mulai ada persaingan dimana perusahaan Apple merilis iPhone dengan desain smartphone dan mulai menggunakan touchscreen. Hal itu membuat Google harus memikirkan bagaimana perkembangan Android di smartphone tidak kalah dari produk Apple.

Maka dari itu untuk pertama kalinya Google juga merilis ponsel dengan layar sentuh yaitu HTC Dream dan T-Mobile G1 untuk menyaingi produk Apple. Lalu menurut data Kleiner Perkins, tahun 2010 merupakan tahun dimana Android untuk pertama kalinya mengambil alih pangsa pasar yang sebelumnya dikuasai oleh Apple dengan iPhonenya dan terus berlanjut sampai sekarang.



Keunggulan dan Kelemahan dari Android



Layaknya sistem operasi lainnya, Android walaupun memiliki pengguna yang banyak dan pasar yang selalu menonjak pasti memiliki keunggulan tertentu bahkan kelemahan. Kita akan bahas beberapa keunggulan dan kelemahan yang ada pada Android.

Kelebihan :

1. Merupakan Sistem Terbuka, artinya kita sebagai pengguna bisa bebas mengotak-atik perangkat kita dan mengubahnya, semisal ingin mengupdate sistem, menambahkan fitur, dan lain sebagainya. Karena itu tidak terikat dalam undang-undang hak cipta, maka bebaslah bereksplorasi.

.2. Dapat dipakai di berbagai macam media, maksudnya kita dapat menjalankan android pada perangkat apapun semisal notebook, tablet, kamera digital, dan juga smart TV. Dan ini dapat terhubung satu sama lain.

3. Pengguna dapat mengembangkan aplikasi, dalam Android selain kita hanya dapat menjalankan aplikasi yang dibuat oleh seseorang, namun kita juga dapat membuat aplikasi Android itu sendiri dengan bermodalkan paham bahasa Java.

4. Dikembangkan oleh banyak perusahaan, artinya karena banyak pengguna yang memilih  Android maka banyak perusahaan yang berinvestasi pada platform ini. Maka dari itu banyak pula aplikasi dan program yang ada pada Android tersebut.

5. Penggunaan memori yang cukup minim, aplikasi pada Android memiliki ukuran yang relatif kecil dan itu memungkinkan mengurangi space pada memorinya. Oleh karena itu kita perlu khawatir akan memori yang tiba-tiba penuh.

Kekurangan :

1. Banyaknya jenis dan merk, karena Android memiliki licensi yang selalu bekerja sama dengan perusahaan smartphone lainnya, maka tidak heran jika banyak merek smartphone walaupun sama-sama mengusung OS Android, hal itu berbeda dengan iOS yang hanya dapat digunakan pada Apple misalnya iPhone, iPad, dll.

2. Tahap Pengembangan, karena sistem yang baru dibangun beberapa tahun lalu maka masih terdapat sistem yang belum sempurna. Oleh karena mungkin banyak terjadi perubahan pada sistemnya.

3. Susah Update, apabila kita ingin memperbaharui atau mengupdate versi Android kita menjadi yang terbaru mungkin membutuhkan langkah yang agak rumit dan bahkan membutuhkan waktu yang lama. Karena ketika melakukan update harus sesuai dengan developer yang kalian gunakan dan itu memiliki syarat ketentuan yang berbeda setiap developer nya.

4. Harga Perangkat yang mahal, artinya walaupun sebenarnya sistem operasi Android ini gratis namun kita harus membayar mahal untuk membeli perangkatnya. Mungkin itu dikarenakan spesifikasi perangkat tersebut yang menyebabkan harganya melonjak naik.


No comments