News Line

Apa itu Teknologi?



Definisi Teknologi

Pengertian teknologi ialah seluruh sarana dan prasarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan hidup dan juga kenyamanan hidup umat manusia (memberikan kemudahan). Penggunaan teknologi oleh umat manusia diawali dengan adanya pengubahan sumber daya alam menjadi berbagai macam alat alat sederhana.

Lalu menurut KBBI arti  dari kata teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang - barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. 

Definisi Teknologi juga dipaparkan oleh beberapa ahli :
1. Nasibit (Teknologi merupakan sebuah benda dan juga sekaligus obyek berikut bahan dan wujud yang berbeda dibandingkan dengan manusia biasa).

2. Miarso (Teknologi adalah suatu bentuk proses yang akan meningkatkan nilai tambah yang mana proses tersebut dapat menghasilkan suatu produk dan produk yang bersangkutan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada lebih dulu).

3. Poerbahwadja (Teknologi lebih mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di bidang teknik, yang mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang digunakan dalam suatu pabrik ataupun industri tertentu).

Sejarah Perkembangan Teknologi

1. Masa Pra-Sejarah

     Pada saat masa prasejarah, teknologi yang saat itu digunakan terbuat dari batu, perunggu, maupun besi. Teknologi yang ada pada zaman ini misalnya berupa pedang, kapak genggam, bambu runcing, dan lain sebagainya.

2. Teknologi Zaman Kuno
     
     Lalu pada masa ini teknologi sudah bersifat kontruksi, bercocok tanam, serta alat alat untuk menuliskan sesuatu seperti mengukir relief di tembok-tembok goa. Pada zaman itu manusia telah mengerti bagaimana membangun sebuah kontruksi dari tahap awal sampai selesai, misalnya yang ada pada zaman itu adalah piramida.

3. Abad Pertengahan
     
     Pada abad pertengahan ini teknologi sudah mulai berkembang dan mengalami kemajuan, hal ini di tandai dengan munculnya berbagai penemuan pada zaman tersebut misalnya busur, mesin cetak, bahkan navigasi untuk kapal.

4. Era Revolusi Industri

     Perkembangan teknologi era ini telah terlihat semakin jelas di masa kini, teknologi pada zaman ini telah mengganti tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Sebenarnya masa ini merupakan cikal bakal perkembangan teknologi sampai era sekarang. Contoh dari teknologi yang muncul di era ini yakni telepon, mesin uap, sepeda, telegrap.

5. Teknologi Abad 20

     Pada abad 20 teknologi semakin berkembang sangat pesat, munculnya bom atom yang digunakan pada bidang militer. Adanya transistor yang merupakan cikal bakal ukuran komputer kecil seperti saat ini. Lalu hal besar yang muncul di akhir abad ini adalah adanya internet.

6. Teknologi Abad 21

     Teknologi abad 21 yakni merupakan zaman sekarang, berbagai teknologi sudah merajalela hampir diseluruh dunia dan di kembangkan oleh hampir negara di seluruh dunia. Mulai dari teknologi keperluan rumah, perbankan, pemerintahan, pendidikan.

Fungsi dan Tujuan Teknologi

Mungkin fungsi teknologi di era sekarang cukup banyak dan sangat membantu kegiatan manusia karena itu membuat aktivitas manusia sedikit berkurang dan lebih efisien. Fungsi lainnya yakni memberikan kemudahan bagi penggunanya atau manusia itu sendiri, membuat pekerjaan mereka menjadi lebih singkat dan lebih cepat. 

Selain itu Fungsi teknologi dapat membuat anak lebih banyak pengetahuan, karena dengan adanya teknologi anak dapat belajar dimana saja dan kapan saja, hal itu dibantu karena adanya teknologi internet dan komputer.

No comments